BAB 4. PENGGUNA DAN PENGEMBANG SISTEM
BAB
4
PENGGUNA
DAN PENGEMBANG SISTEM
RINGKASAN
- Organisasi bisnis harus didukung dengan sistem informasi yang baik dan member manfaat sebagai berikut :
1. SIM
dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan informasi umum para manajer perusahaan.
2. Sistem
informasi eksekutif dirancang untuk digunakan oleh manajer tingkat strategis
perusahaan.
- Organisasi layanan informasi memiliki 2 cangkupan yaitu sumber daya informasi dan juga spesialis informasi.
- Struktur organisasi layanan informasi, tren dari struktur tersentralisasi menjadi desentralisasi. Dengan perkembangan yang pesat menjadikan struktur organisasi menjadi inovatif, ada 3 antara lain : model sekutu ( partner model) , model platform (platform model), dan model terskala (scalable model).
- Komputasi pengguna akhir memiliki 4 pengaruh utama yaitu dampak pendidikan komputer, antrian layanan informasi, murahnya peranti keras, peranti lunak siap pakai.
-
Keuntungan : menyamakan kemampuan dan
tantangan serta mempersempit jarak komunikasi.
-
Risiko : sasaran sistem yang buruk,
sistem dirancang dan didokumentasikan dengan buruk, penggunaan sumber daya
informasi yang tidak efisien, hilangnya integritas data, hilangnya keamanan dan
hilangnya kendali.
- Mengelola pengetahuan yang ditunjukan oleh sumber daya informasi yaitu dengan manajemen pengetahuan sebagai sistem jenis lain yang dikembangkan karena menciptakan pengetahuan mengelolanya dan mengirimkannya kepengguna yang tepat.
- Otomatisasi , kantor => pergeseran dari pemecahan masalah administrasi ke manajerial.
- Konsep kantor maya yang dimulai dari telecommutingnya, dan lalu disempurnakan untuk menciptakan fasilitas kantor yang disebut hoteling.
- Keberhasilan kantor maya memicu visioner untuk melihat bagaimana kantor maya diperluas hingga menjadi organisasi maya yang member dampak social bagi organisasi maya.
TANYA
JAWAB
1.
Apa yang terjadi apabila divisi-divisi
dalam dukungan sistem informasi bagi organisasi mengalami sebuah kendala dalam
menjalankan kinerjanya dan apa yang akan dilakukan agar dapat menyelesaikan
kendala tersebut!
Jawab
:
-
Kendala yang terjadi adalah
keterlambatan sistem distribusi informasi dari kelima divisi pada eksekutif
perusahaan. selain itu eksekutif perusahaan juga akan mengalami kendala dalam
pengambilan keputusan untuk pengembangan perusahaan kedepannya. Karena,
informasi yang dirilis para divisi tersebut sangat dibutuhkan oleh perusahaan
untuk pengambilan sebuah keputusan.
-
Berikut adalah solusi yang dilakukan
untuk menyelesaikan kendala tersebut:
a. Kenalilah
permasalahan secara umum
b. Temukan
fakta yang berkaitan dengan permasalahan
c. Identifikasi
masalah utama
d. Melakukan
pertimbangan pengambilan jalan keluar
2.
Apabila di salah satu dari bagian
spesialis informasi tidak ada, maka apa pengaruh yang terjadi pada perusahaan
dan bagaiman solusinya!
Jawab
: dalam perusahaan besar sejatinya spesialis informasi memiliki bagian dan
tugas masing-masing dan saling berkaitan. Jika salah satu bagian spealisasi
informasi tersebut terkendala maka semua divisi juga merasakan dampak yang
ditimbulkan. Jadi perusahaan sudah menyiapkan di setiap divisi untuk
menjalankan tugasnya. Maka, tidak adanya salah satu divisi pada perusahaan itu
tidak mungkin terjadi.
3.
Berikan contoh perusahaan yang meliputi
sub bab pada pengguna dan pengembangan sistem!
Jawab
: contoh perusahaan yang diambil yaitu perusahaan PT. Indofood Tbk
a. Sub
bab struktur organisasi layanan informasi
Pada PT. Indofood Tbk struktur
organisasi layanan informasinya menggunakan desentralisasi.
b. Sub
bab keahlian pengembangan sistem
Pada PT. Indofood Tbk terdapat keahlian
yang meliputi keahlian komunikasi antar divisi pada perusahaan, kemapuan
analitis pada perusahaan tersebut, kreatifitas dalam pengembangan PT. Indofood
Tbk untuk kedepannya, kepemimpinan perusahaan Indofood untuk mengontrol
pengembangan sistem serta divisi keahlian perusahaan tersebut.
c. Otomatisasi
kantor
PT. Indofood Tbk sudah menerapkan sistem
otomatisasi kantor pada peruysahaannya seperti penerapan teknologi computer
pada pekerjaan kantornya.
d. Kantor
maya
PT. Indofood Tbk memiliki beberapa
cabang di Indonesia dengan mengoreksi SAP maka SAP tersebut bisa digunakan
untuk kontroling antar cabang tersebut via maya.
e. Organisasi
maya
Tidak terikat pada lokasi fisik. Lokasi
tidah diperhitungkan lagi dalam perusahaan PT. Indofood Tbk karena informasi
bisa didapat dari maya.
KESIMPULAN
Spesialis informasi sebuah perusahaan terdiri atas analis sistem,
administrator basis data, webmaster, spesialis jaringan, programmer, dan
operator. Perusahaan hendaknya mengelola pengetahuan yang diawali oleh
sumber-sumber daya informasinya. Pengetahuan ini terdapat dalam sistem, peranti
lunak, database, dan pengetahuan khusus yang dimiliki oleh pengguna komputer
dan spesialis informasi.
Ketika sistem informasi yang pertama dikembangkan oleh spesialis
informasi, pengguna tidak diharapkan (atau diizinkan) untuk melakukan hal-hal
selain penyebutkan kebutuhan informasi mereka. Ketika tuntutan pengguna untuk
mendapat dukungan komputer yang lebih besar mengalami lonjakan, para spesialis
tidak mampu untuk mengikutinya.
Akibatnya, pengguna akhirnya mengembangkan sistem mereka sendiri.
Suatu fenomena yang disebut komputasi pengguna akhir. Pengguna-pengguna lainnya
mampu melakukan sendiri kebanyakan pekerjaan pengembangannya dan mengandalkan
spesialis hanya untuk jasa konsultasi. Sebuah perusahaan para penggunanya mampu
berpartisipasi dalam komputasi pengguna akhir akan menikmati keunggulan atas
perusahaan yang penggunanya tidak mampu.
KOMENTAR
Dalam bab 4 ini kita
seharusnya dapat mengerti bahwa disetiap perusahaan atau organisasi yang
bergerak di berbagai media elektronik sangatlah memerlukan keahlian khusus
dalam mengelolanya dan mengembangkannya hingga tercapainya tujuan perusahaan
atau organisasi. Organisasi atau perusahaan disini sangat memerlukan seorang
ahli teknis yang bisa menjalankannya tersebut, agar tidak terjadi kesalahan
teknis yang fatal yang menyebabkan organisasi tersebut bisa saja tidak
berkembang.
Komentar
Posting Komentar