BAB 3 . Menggunakan Teknologi Informasi Dalam Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce)
BAB
3
MENGGUNAKAN
TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
Ø Perdagangan
elektronik dijaman yang semakin maju perusahaan-perusahaan ataupun toko dagang
mulai menerapkan e-commerce untuk memperbaiki kualitas pelayanan pelanggan
sekaligus menjangkau lebih luas pelanggan. Dengan adanya e-commerce hubungan
dengan pemasok dan komunitas keuangan lebih baik.
Ø Selain
manfaat yang didapat, e-commerce juga menimbulkan beberapa kendala, yaitu
adanya biaya tinggi yang ditanggung karena pembuatan e-commerce yang memerlukan
tenaga professional yang bisa membantu mengelola dan menjalankan e-commerce.
Keamanan juga menjadi faktor kendala karena sebuah situs web dapat dengan mudah
diakses oleh siapapun termasuk para hackers yang ingin menyalahgunakan situs
web tersebut. kendala selanjutnya adalah peranti lunak yang digunakan belum
mapan atau tersedia secara penuh untuk menjalankan e-commerce.
Ø Apabila
dirasa manfaat yang diberikan oleh e-commerce sangat menguntungkan, maka
perusahaan atau toko dagang tidak ragu lagi untuk menggunakan e-commerce.
Ø Strategi
e-commerce yang digunakan terkait dengan transmisi data elektronik atau disebut
dengan IOS
Ø Intelligensi
bisnis melaksanakan e-commerce haruslah disertai pengetahuan terlebih dahulu
tentang perusahaan dengan pelanggan, pesaing, pemasok, dan pihak-pihak
eksternal lainnya. Unsur-unsur dalam inteligensi bisnis dilingkungan
perusahaan.
Ø Ada
3 jenis e-commerce yaitu:
1.
B2B (Business to Business)
Contoh
: pemasok tiket seperti garuda Indonesia menjual tiket dan berkerjasama dengan
traveloka.com
2.
B2C (Business to Costumer)
Contoh
: online shop menjual dagangannya langsung ke konsumen
3.
C2C (Costumer to Costumer)
Contoh
: onlineshop menjual produk ke kekonsumen melalui web atau aplikasi lain
seperti melalui bukalapak
TANYA
JAWAB
1.
Bagaimana cara mengatasi kecepatan
internet di Indonesia saat kita mengelola web?
Jawab
: memperpendek jaringan web menggunakan javascript. Jadi, apabila pengguna web
ingin mengakses web yang telah dibuat, tidak membuka laman web lain lagi namun
tinggal satu klik selesai.
2.
Jelaskan 10 saran keberhasilan
penggunaan internet beserta contohnya !
Jawab
:
-
Pastikan situs web anda kuat : ketika
memberikan komitmen pada suatu proyek web, maka kaitkan basis data dengan web
melalui aplikasi-aplikasi yang digunakan.
Contoh : lazada, saat membuka web lazada
tersebut, pihak lazada mencantumkan aplikasi lain seperti facebook, twitter,
instagram untuk mempermudah sharing data para penggunanya dalam memposting.
-
Pastikan browser dan struktur basis data
anda fleksibel maupun intuitif
~ tampilkan web/blog tidak polos
(bertemakan yang menarik)
~ pastikan web anda terhubung atau bisa
secara otomatis men-shareit ke app lain
~ sertakan media fast respon seperti
lock komunikasi secara langsung di media atau web anda
-
Menekan isi : saat membuat web jangan
menggunakan background yang berlebihan namun lebih menekankan informasi yang
ingin ditampilkan atau di sampaikan kepada pelanggan.
-
Sering diperbarui : isi dari web harus
sering diperbarui setiap adanya apdate terbaru sehingga pelanggan yang
berkunjung tidak bosan melihat web anda.
-
Melihat diluar pelanggan : menjalin
hubungan atau komunikasi yang baik kepada lingkungan perusahaan
-
Tunjukan isi pada kebutuhan spesifik
pengguna : tuliskan identitas anda didalam web untuk memperluas informasi
kepada pelanggan dan memperkuat web anda agar mudah dipercaya oleh pelanggan
-
Menjadikan internet intuitif : jangan
terlalu banyak menggunakan grafik atau gambar apapun karena akan memperlanbat
internet anda. Gunakan satu gambar dengan banyak penjelasan yang berguna.
-
Berada di lokasi web yang tepat : tempatkan iklan web anda pada web lain yang
tepat dan terpercaya.
-
Ciptakan rasa kebersamaan : cantumkan
kolom komentar dan saran agar para pengunjung web anda bisa menuliskan tentang
web anda mulai dari kelebihan atau kekurangan.
-
Carilah bantuan jika anda membutuhkannya
: memperkerjakan orang yang lebih professional untuk lebih luas dalam mengelola
web anda.
3.
Kerugian menggunakan jasa e-commerce
untuk perusahaan
-
Kehilangan financial secara langsung
seperti penipuan transfer saat melalukan transaksi
-
Pencurian informasi yang berharga
-
Kehilangan kesempatan bisnis dikarenakan
kehilangan pelayanan kepada konsumen, contoh saat trensaksi tiba-tiba listrik
padam
-
Penggunaan akses yang tidak berhak,
misalnya seorang hacker yang berhasil membobol.
KESIMPULAN
E-commerce merupakan
media pendorong transaksi dalam dunia bisnis yang saat ini sedang berkembang.
Pada beberapa segmen industry, seperti manufaktur/perusahaan lain dari seluruh
penjualannya dihasilkan melalui e-commerce. Ada 3 jenis e-commerce yaitu:
1.
B2B (Business to Business)
Contoh
: pemasok tiket seperti garuda Indonesia menjual tiket dan berkerjasama dengan
traveloka.com
2.
B2C (Business to Costumer)
Contoh
: online shop menjual dagangannya langsung ke konsumen
3.
C2C (Costumer to Costumer)
Contoh
: onlineshop menjual produk ke kekonsumen melalui web atau aplikasi lain
seperti melalui bukalapak
Perusahaan-perusahaan
besar yang bergabung dalam e-commerce juga tergabung pada sebuah IOS yang mana
terdiri dari sekutu-sekutu dagang untuk mendapatkan keuntungan efisien
komparatif yang bisa dalam bentuk internal maupun interorganisasional. Jaringan
komunikasi data yang menghubungkan sekutu-sekutu dagang dapat dicapai dengan
konektivitas langsung.
KOMENTAR
·
Perkembangan e-commerce di Indonesia
semakin pesat setiap tahunnya, maka masyarakat Indonesia harus bisa memanfaatkan
dan menggunakan e-commerce secara bijak dalam meningkatkan penjualan atau
pendapatan secara global.
·
Adanya e-commerce tersebut selain bisa
menimbulkan keuntungan tetapi juga menimbulkan kerugian. Salah satu kerugian
tersebut yaitu adanya penipuan atau penyalahgunaan media web oleh pihak yang
tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu di Indonesia seharusnya menambah peranti
yang mendukung dan juga seorang IT yang profesional guna mengatasi terjadinya
kerugian seminim mungkin.
Komentar
Posting Komentar