BAB 12 MODEL BISNIS



BAB 12
MODEL BISNIS
    Ø   RANGKUMAN
Di era sekarang model bisnis terus berkembang dengan kemudahan yang dibuat dan ditunjukan untuk konsumen yang semakin hari semakin disibukkan dengan kegiatan sehari-hari. Sehingga produsen terus mengembangkan model bisnisnya melalui internet. Karena dengan model bisnis yang baru ini tidal memerlukan banyak model besar karena situs-situs penyedia informasi sudah cukup banyak dan model bisnis yang baru ini lebih berbicara tentang model bisnis struktur bisnis bagi perusahaan.

Selain itu ada 5 tipologi model bisnis secara elektronik berdasarkan tingkat control ekonomis dan tingkat nilai integritasnya, seperti Aroga yang memperkenalkan penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Agregasi yang menggabungkan beberapa pemasok ke dalam suatu toko online yang nyaman. Aliansi adalah kerjasama beberapa anggota untuk mencapai tujuan tertentu. Rantai nilai adalah jaringan integritas vertikal yang menambah nilai ke input selanjutnya. Jaringan distribusi menyediakan jasa mengalokasikan dan mendistribusikan daripada memproduksi dan membeli barang-barang.

Perubahan model bisnis ini lebih kepada sistem atau cara yang digunakan. Mungkin lebih canggih dengan memanfaatkan teknologi yang ada dengan internet dengan tujuan mendapatkan nilai untuk perusahaan itu sendiri.

Ada pun tren kedepannya dengan melihat dari aspek pelanggan yang terdiri dari pelayanan yang cepat, swalayan, beragam pilihan dan solusi teritegrasi. Lalu ada trend E-service yang meliputi penjualan dari pelayanan, dukungan yang tanpa celah, jasa pengantaran yang nyaman dan persyaratan yang fleksibel, meningkatkan keterbukaan proses bisnis. Ada juga organisasi yang memperdayakan dari luar atau alih daya, kontrak produksi, distribusi vertikal. Selain trend tenaga kerja terdiri dari memperkerjakan yang terbaik dan mempertahankan karyawan tersebut. Adapula teknologi perusahaan yang terdiri atas aplikasi perusahaan yang terintegrasi, integrasi saluran, aplikasi penghubung. Yang terakhir ada teknologi umum yang memiliki aplikasi web nirkabel, aplikasi informasi dan komputer tangan, konvergensi infrastruktur dan penyedia jasa aplikasi

Jadi pengembangan model bisnis ini dapat dilakukan secara terstruktur dan menghasilkan bisnis sesuai yang diharapkan.

    Ø  TANYA JAWAB
1.      Kelemahan dari model bisnis dilihat dari konsumen dan pembisnis.
Jawab :
-          Adanya pencurian rahasia perusahaan
-          Kehilangan kesempatan bisnis karena adanya gangguan pelayanan
-          Kehilangan kepercayaan dari para konsumen
-          Gangguan akses kesumber yang tidak berhak
-          Kerugian yang tidak diduga
2.      Sebutkan langkah-langkah sukses dalam menjalankan bisnis e-commerce.
Jawab :
-          Perusahaan harus mempersiapkan strategi sebelum model bisnis itu diluncurkan
-          Mendefisikan siapa konsumen akhir, perusahaan harus mengetahui produk yang diluncurkan untuk siapa
-          Proses perancangan ulang. Perusahaan harus bisa memberikan pelayanan terbaik
-          Perusahaan berusaha membuat konsumen loyal
Contoh : gojek, mempersiapkan dengan membuat aplikasi agar mempermudah konsumen. Gojek menganggap konsumen sebagai raja dengan memberikan pelayanan diberikan masker dan helm agar menjaga keselamatan konsumen. Gojek membuka aplikasi 1 pelayanan lainnya yaitu gofood, gocar, gobox, dll. Gojek memberikan potongan harga dengan menggunakan gopay dan tunai.
   Ø  KESIMPULAN
Model bisnis mengambil peranan yang sangat penting dalam kemajuan suatu perusahaan dalam mengembangkan usahanya serta menginovasi produknya dalam rangka mengikuti tren pasar yang semakin berkembang. Transformasi model bisnis yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dapat memberikan kauntungan positif baik secara langsung berupa peningkatan konsumen atau penjualan produk perusahaan, maupun secara tidak langsung yaitu networking atau perluasan jaringan dalam hal ini user.

    Ø  KOMENTAR
Dengan adanya model bisnis diharapkan dapat memudahkan para pembisnis baik pemula maupun yang sudah menjalankan dalam mengetahui aspek-aspek terpenting dalam suatu bisnis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BAB 2 : Sistem Informasi Untuk Keunggulan Kompetitif

BAB 8 INFORMASI DALAM PRAKTIK

BAB 9 KEAMANAN INFORMASI